Jumat, 21 Juni 2013

25 Destinasi Wisata Lokal, Semua Ada di Indonesia! (2)

                      25 Destinasi Wisata Lokal, Semua Ada di Indonesia! (2)
Sabtu, 22 Juni 2013
Gili Trawangan
Gili Trawangan yang indah menawarkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat. (Foto: Romy Palar / NOVA)
Kembali ke Alam
11 Taman Nasional Gunung Halimun
Jika menginginkan Si Kecil lebih dekat dengan alam, sesekali ajak buah hati berkemah di Taman Nasional Gunung Halimun. Anak-anak tentu akan menikmati bersantap siang di tengah kebun teh, tidur di bawah siraman bintang di dalam tenda, dan berkecipak di sungai esok paginya.
12 Caravan Vila Apel Gardena
Kesejukan kawasan Puncak memang selalu memikat hati. Selain vila-vila yang banyak tersebar di daerah ini, Caravan Vila Apel Gardena layak dicoba. Alih-alih tenda atau rumah, pengunjung diajak menikmati malam di area ini dengan menginap di sebuah karavan.
 13 Desa Cinangneng
Terletak hanya 1 kilometer dari Institut Pertanian Bogor (IPB) di Bogor, terdapat Desa Cinangneng. Di desa berhawa sejuk ini pengunjung bisa merasakan suasana “pulang kampung”. Menginap di vila, pelancong akan diajak merasakan kehidupan desa, seperti bercocok tanam, memandikan kerbau di sawah, dan lain-lain. Menjelang malam tiba, nyalakan api unggun dan bakar jagung bersama. Seru!
14 Pirates Bay
Bayangkan sebuah kapal perompak terdampar di pasir pantai, dan sebuah peti harta karun tersembunyi di dalamnya. Petualangan menegangkan ini adalah dunia rekaan yang dijadikan begitu nyata di Pirates Bay, di The Bay Nusa Dua, Bali. Sementara anak-anak asyik menyusuri jembatan gantung ala kelasi kapal bajak laut, Anda dan pasangan dapat menikmati makan malam romantis di tepi pantai.
15 Pulau Pari
Di antara gugusan pulau di Kepulauan Seribu, Pulau Pari kini sedang jadi primadona. Pantainya yang berpasir putih memiliki air jernih berwarna kehijauan. Dulunya, Pari adalah pulau penuh ilalang. Namun melihat potensinya, tahun 2010 pulau ini dikelola sebagai tempat tujuan wisata. Hasilnya, ada tiga titik wisata di Pulau Pari yang tak boleh dilewatkan, yakni Dermaga Bukit Matahari, Pantai Perawan, dan Pantai Pasir Kresek.
16 Pulau Moyo
Pulau Moyo adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sisi utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Meski namanya samar di telinga wisatawan domestik, Moyo sudah lama menjadi tujuan wisata wisatawan mancanegara. Beberapa di antaranya adalah Lady Diana dan Mick Jagger. Pulau ini kaya akan keindahan alam. Yang harus dikunjungi adalah Air Terjun Brang Rea dan Mata Jitu.
Menyelamlah dan Anda mungkin berpapasan dengan aneka ikan seperti anemon, hiu, dan ikan pari. Pulau Moyo juga rumah bagi 86 spesies burung, termasuk Kakaktua Kepala Kuning dan Burung Gosong (Megapodius, sp ). Selain itu, hutan di Pulau Moyo juga menyimpan kerajaan kupu-kupu dan gua kelelawar.
17 Gili Trawangan
Mencari keheningan dan kedamaian jiwa rasanya paling tepat dilakukan di Gili Trawangan. Hamparan pantai yang indah di pantai Lombok ini tempat pelarian yang indah bagi mereka yang bosan akan ingar bingar kota besar. Jangan lupa untuk berkeliling desa tradisional Lombok dan bertemu masyarakat asli untuk mendapatkan pengalaman otentik di pulau ini.
18 Pantai Indrayanti
Di pesisir selatan provinsi Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Gunungkidul, terletak pantai indah ini. Masih satu deretan dengan Pantai Baron, Kukup, Krakal, dan Sundak, Indrayanti baru terkenal beberapa tahun terakhir. Oleh masyarakat setempat, pantai ini disebut juga dengan Pantai Pulang Syawal. Kini, keindahan Indrayanti bahkan disamakan dengan indahnya Pantai Kuta.
Tugu Nol
Selain keindahan pemandangannya, Sabang juga menjadi tujuan wisata karena Tugu Nol Kilometernya. (Foto: Moonstar Simanjuntak / NOVA)
Eksplorasi
19 Gua Pindul
Gua alami ini beberapa tahun lalu dikelola sebagai tempat wisata dan petualangan. Adanya sungai yang mengalir di dalam gua menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Berlokasi di Dusun Gelaan, gua ini lalu disulap menjadi area cave tubing  yang menegangkan. Pengunjung menyusuri sungai di dalam gua dengan perahu karet. Tentu saja, setiap kapal dikomandoi guide  yang berpengalaman.
20 Arus Liar
Penggemar olahraga adventure  tentu sudah familiar dengan area one stop adventure  di kawasan Citarik, Sukabumi ini. Selain rafting  dan arung jeram, situs ini juga menawarkan berbagai kegiatan asyik untuk dilakoni bersama keluarga. Di antaranya berkemah, outbond , dan flying fox .
21 Wakatobi
Ada sekitar 40 lokasi penyelaman terbaik terdapat di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Seluruh lokasi yang tersebar di wilayah perairan laut kabupaten yang berbatasan dengan Laut Banda ini menyimpan beragam jenis terumbu karang dan ratusan jenis ikan dan biota laut. Maklum, 97 persen wilayah Kabupaten Wakatobi adalah laut. Dengan kekayaan alam bawah lautnya, Wakatobi kini dinobatkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfer.
22 Pulau Seraya
Tak jauh dari Kota Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), terletaklah pulau nan indah ini. Pulau Seraya adalah salah satu objek wisata bahari unggulan di Manggarai Barat. Selain menyelam dan snorkeling , para wisatawan dapat menemui sisa-sisa zaman purba di sini, yakni hewan komodo.
Sesungguhnya, sebelum dikelola sebagai objek wisata, Pulau Seraya dianggap angker oleh masyarakat NTT. Ini karena keadaannya yang sepi tak berpenghuni. Tentu, keangkeran itu kini tak ada lagi. Pulau ini kini menunggu untuk dieksplorasi.
23 Air Terjun Madakaripura
Air terjun menakjubkan ini sebenarnya masih berada di kawasan wisata Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Tepatnya berada di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Yang menarik dari Madakaripura adalah air terjun yang meluncur dari ketinggian 200 meter.
Air terjun utama di Madakaripura yang jatuh lalu terpencar membentuk tirai atau titik-titik hujan di teras rumah. Indah dan syahdu. Yang lebih mencengangkan, pemandangan tebing yang mengelilingi air terjun. Dari bawah, para wisatawan seperti berada di dalam tabung raksasa.
24 Sabang
Siapa tak tahu lagu nasional Dari Sabang Sampai Merauke ? Lagu nasional ini tentu akrab di telinga masyarakat negeri ini. Yang belum banyak orang tahu, kita bisa melakukan banyak hal di daerah paling barat republik ini. Di Pulau Weh, dengan Kota Sabang sebagai ibu kotanya, tersimpan kekayaan budaya dan kuliner luar biasa.
Salah satunya mengunjungi tugu titik nol. Ini bisa menjadi kisah seru yang dapat dibanggakan kepada teman atau kerabat. Terlebih, wisatawan akan mendapat Sertifikat Km 0 yang ditandatangani langsung walikota Sabang. Selain itu, ada pula tugu Dari Sabang Sampai Merauke, yang terinspirasi dari lagu nasional tadi. Selebihnya, jangan lupa cicipi sate gurita dan rujak buah khas Pulau Weh!
25 Pulau Kakaban, Derawan
Kepulauan Derawan kini juga tengah naik daun sebagai tujuan wisata. Tapi jika sedang berada di Derawan, Pulau Kakaban menjadi favorit. Pulau ini sangat unik dan eksotis. Pulau Kakaban memiliki daratan seperti dinding pembatas dengan sebuah danau raksasa di tengahnya. Danau ini merupakan danau purba yang terbentuk dari proses geologi jutaan tahun lalu.Yang menarik dilakukan di pulau ini adalah berenang bersama ikan Manta Ray atau pari. Ikan ini dapat didekati penyelam tanpa merasa terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Para Kartini Al-Inayah Dewan Guru di Hari Kartini Ibu-ibu Guru Al-Inayah di Hari Kartini Suasana Meriah di Hari Kartini Guru Vs Murid Stay Connected di Hari Kartini

animasi