Jumat, 21 Juni 2013

25 Destinasi Wisata Lokal Semua Ada di Indonesia! (1)

25 Destinasi Wisata Lokal Semua Ada di Indonesia! (1)
Sabtu, 22 Juni 2013
borobudur
Borobudur hingga kini merupakan objek wisata tunggal yang paling sering dikunjungi wisatawan. (Foto: Moonstar Simanjuntak / NOVA)
Kekayaan budaya dan keindahan alam Indonesia bak sumur pengetahuan yang tak pernah kering. Yuk, ajak Si Kecil ke berbagai destinasi liburan di seantero negeri ini!
Sejarah & Tradisi
1 Museum Purbakala Sangiran
Para ahli purbakala meyakini, 50 persen fosil manusia purba di dunia ditemukan di Sangiran. Wilayah yang terletak di kaki Gunung Lawu, 17 kilometer dari Solo ini juga ditetapkan sebagai World Heritage Site (Warisan Peradaban Dunia) oleh UNESCO. Museum Purbakala Sangiran dibangun di dalam kawasan bernama Kubah Sangiran. Di dalam ceruk serupa gua, terdapat infografis tentang bagaimana bumi terbentuk, serta diorama evolusi manusia dan aktivitas manusia purba. Dipamerkan juga sisa-sisa makhluk purba seperti tulang mammoth  dan kerbau purba.
2 Museum Anak Kolong Tangga
Didirikan pada 1998 oleh seorang berkewarganegaraan Belgia, Rudi Corens, Museum Anak Kolong Tangga menyuguhkan koleksi permainan tradisional anak Indonesia dan dari negara lain. Museum ini terletak di ujung lorong kecil di Taman Budaya Yogyakarta, tak jauh dari Pasar Beringharjo Malioboro.
3 Observatorium Bosscha
Sebagai salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia, Obervatorium Bosscha yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat, berdiri di puncak tertinggi Bandung. Observatorium ini dikelola oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) dan memiliki lima teropong besar untuk meneropong bintang-bintang dan objek langit lain.
4 Prambanan dan Borobudur
Prambanan jadi istimewa karena merupakan satu-satunya candi di dunia yang memiliki patung Dewa Brahma dengan tubuh lengkap. Sementara Borobudur yang merupakan candi Budha terbesar di Indonesia hingga kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan bagi umatnya.
5 Komunitas Hong
Kata “Hong” secara harafiah berarti “bertemu.” Namun sepertinya sulit menemui komunitas seperti Hong di wilayah lain di Indonesia. Komunitas yang berada di Jl. Bukit Pakar Utara No. 35, Dago, Bandung, ini melestarikan berbagai permainan khas nusantara, terutama Jawa Barat. Di sini, anak-anak dapat membuat mainan berbentuk udang, pe­cut, dan keris dari daun kelapa. Juga belajar permainan enggrang, bebentengan , dan lain-lain. Di area yang dapat menampung hingga ratusan pengunjung ini, juga dijajakan berbagai penganan khas Sunda.
Jatim Park
Jatim Park kini populer menjadi tujuan wisata di Batu, Malang. (Foto: Gandhi / NOVA)
Taman Bermain
6 Jatim Park 1 & 2
Jatim Park 2 kini menjadi ikon wisata baru di Malang dan Jawa Timur. Jika Jatim Park 1 lebih banyak memiliki wahana edukasi dan rekreasi, maka pengelola Jatim Park 2 menyuguhkan keindahan Batu, Malang, untuk dieksplorasi pengunjungnya. Ada tiga wisata favorit di Jatim Park 2, yakni museum satwa, Hotel Pohon, dan Batu Secret Zoo.
Taman hiburan lain yang layak kunjung selama berada di Malang adalah Selecta. Selain memiliki taman rekreasi yang sejuk dan asri, Selekta juga merupakan rumah bagi kolam renang dengan air dari tiga mata air asli.
7 Trans Studio
Berbagai wahana menarik dapat ditemui di taman bermain indoor  raksasa ini. Di Makassar, Trans Studio bahkan diklaim sebagai taman bermain indoor  terbesar ketiga di dunia. Beberapa wahana diambil dari berbagai nama program televisi favorit TransTV dan Trans7. Secara rutin, kabaret dan penampilan drama dihadirkan di sini.
Trans Studio yang juga ada di Bandung sesungguhnya merupakan bagian dari proyek bernama Trans World, yang terdiri dari Trans Walk, Rodeo Drive, Trans Studio, Trans Hotel, dan perkantoran Bank Mega.
8 Pinisi Edutainment Park
Terinspirasi dari nama kapal tradisional khas Bugis, Pinisi Edutainment Park didesain layaknya sebuah kota pelabuhan. Taman bermain yang terletak di dalam pusat perbelanjaan Pasaraya, Jakarta ini dirancang sebagai one stop destination edutainment  bagi anak-anak usia 2 hingga 16 tahun.
Selain konsep pendidikan dan hiburan, di taman bermain ini anak akan dikenalkan kepada seni dan budaya Indonesia. Yang istimewa, di sini tersedia planetarium layar datar pertama di negeri ini. Tak perlu khawatir berdesakan. Pinisi Edutainment Park menempati ruang seluas 6.000 m2 dengan kapasitas pengunjung 1.000 orang.
9 Jungleland
Hadir satu lagi taman bermain berkelas internasional. Di dalam taman hiburan yang terletak di Sentul Nirwana ini terdapat 33 jenis wahana yang khusus didatangkan dari Jerman dan Italia. Ada empat zona tematik: Carnival, Eksplora, Tropicalia & Mysteria, dan Science Center. Nah, silakan menemani Si Kecil mengeksplorasi wahana ini.
Lelah bermain, mampirlah ke Pasar Ah Poong (dibaca Pasar Apung). Di kawasan kuliner yang juga terletak di Sentul ini, pengunjung dapat menikmati makanan lezat hasil rekomendasi pakar kuliner Bondan Winarno, sambil menikmati keindahan pemandangan Sungai Cikeas. Hmmm.. Sungguh menggugah selera!
10 Taman Pintar
Bukan tanpa alasan Yogyakarta disebut sebagai Kota Pelajar. Untuk memfasilitasi besarnya minat masyarakat Jogja terhadap ilmu pengetahuan, pemerintah kota mendirikan Taman Pintar. Taman yang disebut sebagai laboratorium dengan kemasan rekreasi ini semula dibangun untuk mengasah kreativitas anak-anak usia dini.
Berada di lokasi strategis, Taman Pintar bersinergi dengan berbagai gedung yang berada di sekitarnya, yaitu Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer, dan Gedung Agung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Para Kartini Al-Inayah Dewan Guru di Hari Kartini Ibu-ibu Guru Al-Inayah di Hari Kartini Suasana Meriah di Hari Kartini Guru Vs Murid Stay Connected di Hari Kartini

animasi